Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Indonesia termasuk dalam negara beriklim tropis dengan penyinaran matahari sepanjang tahun. Tak heran jika seandainya kekayaan hayati yang ada di dalam negeri juga terbilang besar, hampir semua tanaman bisa tumbuh disini termasuk diantaranya adalah rempah-rempah. Sebut saja diantaranya adalah jahe. Pastinya Anda sendiri sudah tidak asing dengan jenis rempah yang satu ini bukan, mengingat ia umum dijadikan sebagai bahan obat-obatan maupun juga dipakai sebagai campuran bumbu masak.

Jenis-jenis Jahe yang Ada di Indonesia

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Berbicara mengenai rimpang yang satu ini jika dilihat jenisnya memang tak hanya ada satu, melainkan cukup banyak, di Indonesia sendiri ada beberapa jenis jahe yang umum digunakan oleh masyarakat dengan karakteristik yang berbeda-beda juga, diantaranya adalah:

  1. Jahe putih, dikenal juga sebagai jahe kuning. Dimana jahe yang satu ini pada dasarnya punya ukuran yang besar atau gemuk jika dibandingkan dengan yang lainnya. jika dipotong secara melintang maka akan terlihat bahwa jahe ini punya daging berwarna putih kekuningan. Aromanya sendiri kurang tajam jika dibandingkan dengan yang lainnya, begitu juga dengan rasanya yang kurang pedas, sehingga kebanyakan dimanfaatkan sebagai bumbu masak.
  2. Jahe emprit, dikatakan sebagai jahe emprit karena ia punya ukuran yang kecil, hampir sama dengan jahe putih yaitu punya warna yang putih kekuningan, namun jika dilihat dari segi ukurannya relatif kecil. Untuk aromanya sendiri relatif agak lebih tajam jika dibandingkan dengan jahe putih biasa.
  3. Jahe merah, jahe merah ini punya warna yang cenderung merah muda jika dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan disebut-sebut jahe ini lebih kaya akan khasiat untuk kesehatan dibandingkan jahe lain. Jahe merah punya serat yang kasar, aromanya tajam disertai dengan rasanya yang sangat pedas. Jadi bagus sebagai campuran untuk obat-obatan.

Baca Artikel Lainnya: Manfaat Jahe Untuk Mengurangi Nyeri Haid

Kandungan Gizi yang Ada dalam Jahe

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Serangkaian nutrisi nyatanya juga terdapat didalam rimpang yang satu ini, diantaranya adalah:

  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Kalium.
  • Serat.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B6.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Magnesium.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Yuk Kenalan dengan Jenis-jenis Jahe Serta Khasiatnya Agar Tidak Salah Pakai

Jahe ini banyak digunakan sebagai bahan untuk obat herbal sebenarnya juga bukan tapa alasan, melainkan pada dasarnya ia punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah mampu mengatasi beberapa jenis gangguan berikut ini, yaitu:

  1. Atasi masalah pencernaan, jahe untuk mengatasi gangguan pencernaan ini nyatanya sudah dipercaya sejak lama. Dimana memang terdapat kandungan atau senyawa fenolik yang ada didalamnya yang mampu untuk atasi gejala iritasi yang ada pada lambung, juga dapat menstimulasi air liur guna cegah terjadinya kontraksi pada usus.
  2. Mengurangi mual, ia juga ampuh digunakan untuk mengatasi rasa mual, apalagi pada wanita yang sedang hamil atau mengalami morning sickness, kemudian juga penderita vertigo hingga yang terkena efek dari pengobatan kanker.
  3. Mengurangi rasa sakit, mengonsumsi jahe ini juga efektif untuk mengurangi rasa sakit, karena efektifitasnya memang tak kalah dibandingkan dengan obat-obatan pereda nyeri yang lainnya. seperti kepada mereka yang merasakan nyeri saat menstruasi, bisa diminimalisir dengan konsumsi jahe ini.
  4. Membantu dalam proses detoksifikasi hingga cegah penyakit kulit, di dalam jahe ini juga mengandung dermicidin yang dapat melindungi tubuh dari bakteri seperti diantaranya adalah E.coli sampai dengan jamur penyebab penyakit kulit.
  5. Melindungi dari bahaya kanker, jahe kaya akan antioksidan yang sangat berguna dalam mencegah efek buruk dari radikal bebas, termasuk diantaranya adalah untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Artikel Lainnya: 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Berikut Ini!

Temukan rimpang untuk obat herbal ini secara mudah hanya dari TaniHub. Sebelumnya patut untuk diketahui bahwa TaniHub ini sendiri pada dasarnya adalah sebuah platform ecommerce berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, fokusnya adakah untuk menjual produk hasil pertanian. Ada beragam kategori produk yang dijual disini termasuk diantaranya adalah sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, telur, daging, ikan sampai dengan sembako. Semuanya tersedia secara lengkap disana. Untuk harganya sendiri juga terjangkau, ditambah selalu ada tawaran promo istimewa setiap harinya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Math Captcha
+ 82 = 89