10 Olahan Ikan Paling Sedap!

10 Olahan Ikan Paling Sedap!

Ikan merupakan salah satu makanan dengan sumber protein tertinggi! Nggak cuma itu kandungan omega 3 dan berbagai nutrisi lainnya juga bisa membuat tubuh semakin bugar. Kali ini TaniHub mau berbagi 10 olahan ikan yang paling sedap dan pastinya cocok untuk dijadikan menu keluarga!

  • Tumis Peda

Siapkan dua buah ikan peda, kemudian tumis bawang merah, bawang putih, tomat, jahe lengkuas. Masukkan gula dan saus tiram. Setelah panas masukkan ikan peda, masak hingga matang. Tambahkan petai dan koreksi rasa.

  • Ikan Gabus Bakar

Bersihkan ikan gabus dan balurkan dengan perasan jeruk nipis. Setelah itu rendam ikan dengan irisan bawang putih, kecap, jahe dan garam. Bakar ikan gabus dan oles dengan margarin. Sajikan dengan sambal dan lalap.

  • Pecak Mujair

Lumuri mujair yang sudah dibersihkan dengan air jeruk nipis, garam, bawang putih dan lada. Diamkan dan goreng hingga matang. Sambil menunggu sangrai bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, kencur, garam dan gula. Kemudian haluskan. Setelah itu tuangkan bumbu pecak yang ke atas ikan mujair yang sudah digoreng.

  • Sate Ikan Baramundi

Potong dadu daging ikan baramundi. Kemudian rendam dengan bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, garam dan gula merah. Setelah itu bakar sambil sesekali diolesi dengan margarin. Sate ikan baramundi siap disantap dengan sambal kecap.

  • Sup Ikan Kakap Merah

Lumuri ikan kakap merah yang sudah dibersihkan dengan jeruk nipis. Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, sereh, dan daun jeruk. Setelah harum tambahkan air, garam, lada dan kaldu jamur. Setelah mendidih segera masukkan ikan kakap merah dan masak hingga matang.

  • Gulai Ikan Lemadang

Bersihkan dan potong ikan lemadang. Kemudian haluskan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kencur, lada, ketumbar, jinten dan kemiri (sangrai). Tambahkan air garam, gula, kaldu bubuk, salam dan sereh. Setelah mendidih masukkan ikan dan tambahkan santan. Aduk terus hingga matang.

  • Steamed Red Bass

Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih dengan jeruk nipis. Tumis bawang bombay, jahe, bawang putih. Setelah harum tambahkan merica, kecap asin, gula dan kaldu jamur. Setelah itu siapkan loyang di atas kukusan tata dengan jahe, sereh dan bawang putih. Letakkan red bass di atasnya dan siram dengan bumbu tumis dan minyak wijen. Kukus selama 20 menit.

  • Ikan Selar Goreng Garing

Cuci ikan selar dan lumuri jeruk nipis. Setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih, garam, gula, penyedap, kunyit. Marinasi ikan selar ke dalam bumbu selama 20 menit. Setelah itu, goreng ikan selar di atas minyak panas. Ikan selar siap disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi. 

  • Ikan Nila Hitam Balado

Bersihkan ikan, kemudian tumis bawang merah, bawang putih, tomat, kemiri (sangrai), cabai rawit merah, cabai merah, dan terasi yang sudah dihaluskan. Setelah harum masukkan sereh dan lengkuas yang sudah digeprek. Tuang sedikit air dan masak sampai mendidih. Tambahkan ikan nila hitam, gula, garam dan penyedap. Koreksi rasa dan masak hingga matang.

  • Ikan Gindara Fillet Asam Manis

Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit yang sudah dihaluskan. Jika sudah harum masukkan daun bawang, bawang bombay, garam, lada dan air. Masukkan ikan gindara ke dalamnya, aduk hingga tecampur. Setelah setengah matang tambahkan saus tomat dan masak hingga matang.

 

Mudah kan membuat berbagai olahan ikan paling sedap! Yuk tunggu apalagi, langsung beli bahan-bahannya sekarang juga di TaniHub! Harganya super hemat, pengirimannya cepat bikin belanja #JadiMakinGampang.

 

Sumber: 

Diolah dari berbagai sumber.