3 Makanan Peningkat Imun di 2021

3 Makanan Peningkat Imun di 2021

Dalam hitungan hari, sebentar lagi kita meninggalkan tahun 2020 dan menyambut tahun baru, tentunya banyak kebiasaan baru yang akan kita bawa ke tahun 2021 nanti, salah satunya adalah memilih makanan yang meningkatkan imunitas tubuh. Selain lezat, berbagai jenis bahan makanan ini dapat membantu kita menangkal berbagai risiko penyakit.

1. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga memiliki kandungan omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Ditambah dengan kandungan polymethoxylated flavones (PMFs) yang dapat melindungi jantung, membantu proses detoksifikasi pada hati, dan menjaga keseimbangan gula darah, tidak heran kalau jeruk jadi salah satu bahan makanan peningkat imun yang baik untuk kita.

 

2. Bawang Putih

National Center for Complementary and Integrative Health Trusted Source menemukan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Selain itu kandungan senyawa belerang dan allicin di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

 

3. Jahe

Apakah kamu tahu? Ternyata manfaat jahe bukan cuma sekadar meningkatkan imun tubuh, lho. Konsumsi rutin jahe bisa meringankan glukosa darah, menurunkan kolesterol, mengobati sembelit dan sumber antioksidan bagi tubuh berkat kandungan gingerols, shogaols, dan zingeron di dalamnya!