4 Manfaat Makanan Seafood Bagi Tubuh Kita

4 Manfaat Makanan Seafood Bagi Tubuh Kita

Selain lezat, ternyata makanan seafood seperti ikan, udang, cumi, kerang, dan lainnya kaya akan kandungan protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral yang sangat menyehatkan. Apa saja sih manfaatnya buat tubuh kita?

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 pada makanan seafood dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke, serangan jantung, dan aritmia jantung, loh. Selain itu, konsumsi ikan secara rutin juga dapat menurunkan kadar lemak darah dan membuat jantung lebih sehat!

 

2. Menjaga Kesehatan Tulang & Sendi

Sebuah studi menyebutkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mempermudah pergerakan sendi dan mengurangi kekakuan sendi akibat arthritis rheumatoid. Kandungan vitamin D pada beberapa jenis ikan juga dapat membantu penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

 

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Tahukah kamu kalau pertumbuhan otak pada bayi dan anak-anak dapat didukung dengan konsumsi ikan secara teratur? Studi mengungkapkan bahwa makanan seafood dapat meningkatkan kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA) sehingga pertumbuhan dan kemampuan otak dapat dimaksimalkan.

 

4. Menjaga Kesehatan Mata

Jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science menyebutkan bahwa degenerasi makula (bagian tengah mata) cenderung berkurang jika seseorang rutin memakan makanan seafood. Selain itu kamu juga bisa membuat mata tetap sehat dan cerah dengan mengkonsumsi minyak ikan loh!

 

Masih banyak lagi manfaat makanan seafood yang baik untuk tubuhmu dan kamu bisa mendapatkan itu semua dengan mudah lewat TaniHub!

 

(Sumber: Halodoc, 2018)